Pages

Sinopsis Novel Rectoverso Sentuh Hati Dari Dua Sisi

RECTOVERSO
Sentuh Hati dari Dua Sisi 




Judul                           : RECTOVERSO
Penulis                        : Dewi ‘DEE’ Lestari 
Tahun                          : 2008
Editor                          : Hermawan Aksan, Daniel Ziv
Penerbit                      : goodiaith (cetakan pertama)
Jumlah Halaman       : 148 halaman
Jenis Cover                 : Hard Cover
Kategori                      : Kumpulan Cerpen


みんなさん こんにちわ, dalam postingan saya kali ini saya akan berbagi mengenai novel  rectoverso karya Dewi “dee” Lestari sebetulnya  rectoverso ini terdiri dari 11 cerita yang berbeda yang masing-masing memiliki soundtrack berbeda. Rectoverso memiliki dua cerita yang menggunakan bahasa inggris yaitu Grow a Day Older dan Back to Heaven’s Light. Tapi kali ini saya hanya akan bercerita mengenai  5 cerita Rectoverso yang diangkat menjadi film omnibus pada tahun 2013, untuk selebihnya saya hanya akan menuliskan quotesnya saja, yang menjadi keunikan didalam karya Dee yang satu ini adalah cara Dee yang tidak hanya menuangkan kreatifitasnya kedalam bentuk tulisan tetapi juga musik sehingga tercipta perpaduan yang begitu harmonis antara sastra dan musik, dari situlah kenapa novel ini diberi judul “Rectoverso, sentuh hati dari dua sisi”. Karya Dee yang satu ini bisa anda nikmati baik terpisah maupun bersamaan (kalo baca buku sambil dengerin musiknya biar lebih dapett gituh baper nya haha), 楽しみます.


  1.       Curhat Buat Sahabat


Sahabatku, usai tawa ini zinkan aku bercerita
Telah jauh, kumendaki
Sesak udara di atas puncak khayalan
Jangan sampai kau di sana
Telah jauh, kuterjatuh
Pedihnya luka di dasar jurang kecewa
Dan kini sampailah, aku di sini yang cuma ingin diam
 Duduk di tempatku menanti seorang yang biasa saja
Segelas air ditangannya, kala kuterbaring sakit
Yang sudi dekat, mendekap tanganku
Mencari teduhnya dalam mataku
Dan berbisik “Pandang aku, kau tak sendiri,oh dewiku…”
Dan demi Tuhan, hanya itulah yang itu saja kuinginkan
Telah lama kumenanti
Satu malam sunyi untuk ku akhiri
Dan usai tangis ini, aku kan berjanji…
Untuk diam, duduk di tempatku
Menanti seorang yang biasa saja
Segelas air ditangannya, kala kuterbaring sakit
Menentang malam, tanpa bimbang lagi
Demi satu dewi yang telah bermimpi
Dan berbisik “ selamat tidur, tak perlu bermimpi bersamaku…”
Wahai Tuhan, jangan bilang lagi itu terlalu tinggi

Wah dari lirik lagu nya aja udah ketauan dong alur ceritanya gimana ? yaps, Curhat buat sahabat berkisah tentang seorang wanita yang selalu bercerita kepada teman lelakinya, tentang seorang lelaki yang selalu menjadi pujaannya. Tapi waktu si perempuan menderita sakit yang cukup berat sampai untuk mengambil segelas air saja dia tidak mampu dan dia sadar bahwa dia hanya sendirian tidak ada sosok lelaki yang selalu ia puja tetapi yang selalu ada adalah sahabatnya ia pun menyadari bahwa harapan nya sekarang tidak lagi muluk-muluk ia hanya memerlukan sosok lelaki yang biasa saja yang selalu ada disampinnya terutama kala ia merasa sedang membutuhkan sosok tersebut yang mampu melindunginya dan membawakan segelas air ditangannya, kala ia sakit kala ia susah yang mencari teduh dalam matanya. Curhat buat sahabat merupakan salah satu cerita yang diangkat dalam film Rectoverso dengan Olga Lydia sebagai sutradara Acha Septriasa sebagai Amanda dan Indra Birowo sebagai Reggie.

2      Malaikat Juga Tahu


Kali ini Dee menulis lagu dan cerpennya bertema “ Malaikat Juga Tahu” udah pada tau dong lagunya kaya gimana yang dulu sempet buming itu loh lagu yang sampai saat ini saya suka yang dinyanyikan langsung oleh Dee. Bercerita tentang seorang wanita yang tegar yang akrab dipanggil “bunda” pemilik rumah kos paling legendaries dan hidup bersama kedua anaknya abang dan adik. Abang menderita keterbelakangan mental sehingga dalam tubuh yang berusia 38 tahun besemayam jiwa usia empat tahun. Sementara adik merantau ke luar negeri.
Abang bersahabat dengan penghuni kost disana dan jatuh cinta pada perempuan tersebut, tetapi ternyata perempuan itu jatuh hati pada adik. Bunda telah berbicara dari hati ke hati dengan perempuan ini, siapa diantara keduanya yang patut untuk dipilih hingga bunda berkata sesuatu yang paling menyentuh “ Dia mencintai tidak cuma dengan hati. Tapi seluruh jiwanya. Bukan basa-basi surat cinta, tidak Cuma rayuan gombal, tapi fakta. Adiknya bisa cinta sama kamu, tapi kalau kalian putus, dia dengan gampang cari lagi. Tapi Abang tidak mungkin cari yang lain. Dia cinta sama kamu tanpa pilihan seumur hidupnya.”
Setiap malam minggu bunda selalu meminta perempuan itu untuk datang ke rumahnya tetapi perempuan itu keberatan dengan perempuan bunda lalu pergi meninggalkan mereka semua dan tak pernah kembali. Bunda selalu menangisi malam minggunya karena setiap malam minggu abang selalu memberantakan barang-barangnya kalau beruntung ia akan kelelahan sendiri dan tertidur dipangkuan ibunya sementara jika tidak ia harus menutup hari anaknya dengan obat penenang. Cerita ini diangkat menjadi film dengan sutradara Marcella Zalianty dengan menggaet actor Lukman Sardi sebagai Abang,  Dewi Irawan sebagai Bunda, Prisia Nasution sebagai Leia, Marcell Domits sebagai Adik.
“Mereka yang tidak paham dahsyatnya api akan mengobarkannya dengan sembrono. Mereka yang tidak paham energi cinta akan meledakkannya dengan sia-sia. Dirinya bukan malaikat yang tahu siapa lebih mencintai siapa dan untuk berapa lama. Tidak penting. Ia sudah tahu. Cintanya adalah paket air mata, keringat, dan dedikasi untuk merangkai jutaan hal kecil agar dunia ini menjadi tempat yang indah dan masuk akal bagi seseorang”

berikut Soundtrack malaikat juga tahu :


3.     Hanya Isyarat


Namun orang itu hanya mampu kugapai sebatas punggungnya saja.
Seseorang yang cuma sanggup kuhayati bayangannya dan tak kan pernah kumiliki keutuhannya. Seseorang yang hadir sekelebat bagai bintang jatuh yang lenyap keluar dari bingkai mata sebelum tangan ini sanggup mengejar.
Seseorang yang hanya bisa kukirimi isyarat sehalus udara, langit, awan atau hujan. Seseorang yang selamanya harus kubiarkan berupa sebentuk punggung karena kalau sampai ia berbalik niscaya hatiku hangus oleh cinta dan siksa.”

Eeeaaa gimana nih kutipannya bikin baperr banget kan ? menurut saya cerita paling ngena tuh adalah cerita hanya isyarat karena sesuai mungkin dengan pengalaman pribadi (yah curhat). Cerita Hanya Isyarat ini adalah tentang seseorang yang hanya mampu mengagumi seseorang sebatas punggungnya saja, mengagumi seseorang tanpa orang itu tahu meskipun jarak mereka hanya beberapa sentimeter saja. Ia tak mampu memiliki seutuhnya dan hanya bisa menyampaikan pesan lewat alam. Novel ini diangkat menjadi film dengan sutradara Happy Salma dan dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris sebagai pemeran utama seperti Amanda Soekasah Sebagai Al dan Hamish Daud Wylie sebagai Raga.

         4. Cicak Didinding


          Fiksi ini adalah fiksi dengan judul yang paling unik tapi bukan karena cicak didinding umumnya yang dimaksud  Dee Cicak di dinding disini ialah lukisan cicak di dinding yang hanya akan menyala jika lampu dimatikan atau glow in the dark, yang dipersembahkan sebagai kado pernikahan untuk calon istri sahabatnya yang ternyata merupakan “Cintanya”. Disutradarai oleh  Olga Lydia dan dibintangi oleh Yama Carlos, Sophia Latjuba, Tio Pakusadewo.

5.      Firasat



       Firasat bercerita tentang seorang wanita yang bergabung dengan anggota klub firasat ( sebuah wadah bagi orang-orang yang memiliki kepekaan indra ke 6 hehe ). Dan memiliki firasat atas apa yang akan terjadi konflik dimulai ketika firasat itu ada di dalam diri kita sendiri tentang orang yang kita cintai. Cerita ini diangkat menjadi film dengan disutradarai oleh Rachel Maryam dan dibintangi oleh Dwi Sasono, Asmirandah dan Widyawati.


            Enam cerita yang lainnya adalah :

1)      Selamat Ulang Tahun

“Satu waktu nanti, saat kamu berhenti percaya manusia bisa punya sayap selain lempeng besi yang didorong mesin jet, saat kamu berhenti percaya hidup lebih bermakna bila ada wasit yang menyalakan aba-aba “1,2,3”, kamu boleh percaya bahwa kemarin…besok…lusa…dan hari-hari sesudah itu..aku masih menunggu. Menunggu kamu mengucapkan apa yang harusnya kamu ucapkan… berjam-jam yang lalu”

2)      Aku Ada

“Akulah lautan yang memeluk pantaimu erat, akulah langit beragam warna yang mengasihimu lewat beragam cara.”

3)      Peluk
“Barangkali itulah mengapa kematian ada, aku menduga.
 Mengapa kita mengenal konsep berpisah dan bersua.
Terkadang kita memang harus berpisah dengan diri kita sendiridengan proyeksi.

Diri yang telah menjelma menjadi manusia yang kita cinta”

4)      GrowA Day Older
“If everything has been written down, so why worry, we say.
 It’s you and me with little left os sanity.”

5)      Tidur

“Sudah cukup lama aku tertidur, memejamkan mata demi melewatkan mimpi demi mimpi bersama kalian. Sekarang, biarkan aku yang terjaga…”

6)      Back To Heaven Light

“Back to my heart, back to heaven light. Back to my heart, and we are never apart”

Nah gimana nih udah pada baca kan sinopsis nya ? jangan lupa beli novel dan nonton film nya yah, apalagi jika ada salah satu cerita yang "ngena" banget di hati anda wah must grab on it :) hehe sekian dulu jangan lupa tetap kunjungi blog saya dengan postingan yang lain :) 



Neng Sani Meilani

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. Selamat malam bossku semua...
    Kamu Sering Kalah Main Judi?
    Sudah Tidak Jaman Lagi Kalah Main Judi
    Kami Hadir Dengan Inovasi Terbaru & Tercangih, Dengan Jackpot Yang Super Pasti & Gampang Untuk Menang Terus Di Setiap Hari .
    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.
    Tersedia 7 Games Dalam 1 User ID :
    New Game ------>> GAME SAKONG
    Poker, Domino, BandarQ, Capsa, Sakong
    Minimal Deposit Rp.15.000,-
    Minimal Withdraw Rp.15.000,-

    BalasHapus
  2. terimakasih info nya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2wFUPf3

    BalasHapus